KI YogyaKI Yogya

by KI Yogya

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Gantungkan cita-citamu setinggi langit. Kalimat tersebut akan lebih ampuh jika dibarengi dengan kehadiran sosok yang dicita-citakan di depan mata.

Bukan hanya cita-cita yang menggantung, namun juga tahu bagaimana jalan agar bisa sampai dan mewujudkan cita-cita tersebut.

Hal itu dirasakan oleh puluhan siswa di SDN Sosrowijayan yang kedatangan tamu spesial pada Sabtu (6/2/2016).

Mereka adalah para relawan pengajar Kelas Inspirasi Yogyakarta (KIY) dengan latar belakang profesi pekerjaan yang berbeda.

Para siswa masuk kelas dan mendapatkan pelajaran yang berbeda dari hari biasanya. Kali ini mereka diberikan wawasan tentang profesi masing-masing relawan pengajar.

Aiptu Jamar, misalnya, ia bertugas memberikan pengarahan di kelas VI. Lengkap dengan seragam kebesarannya, ia berusaha menanamkan kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga tata tertib di manapun mereka berada.

“Kalian harus tahu tentang panca tertib yakni tertib pribadi, keluarga, di jalan, di sekolah, dan tertib di mana saja,” terangnya disambut anggukan dari para siswa.

Kalimat yang diucapkan Jamar di dalam kelas tersebut memompa semangat seorang siswa bernama Viko Darmawan. Siswa kelas VI tersebut telah lama bercita-cita ingin menjadi seorang polisi. Kedatangan Jamar ke sekolahnya berarti sangat banyak baginya.

Kini ia paham, bagaimana mempersiapkan diri agar bisa mewujudkan keinginannya tersebut. “Seorang polisi itu harus berani, pantang menyerah, dan juga tidak sombong. Kalau mau berhasil (jadi polisi, red), mulai sekarang harus rajin belajar,” imbuhnya kepada Tribun Jogja.

Selain diajak menggapai cita-cita, para siswa juga dibimbing untuk mengerti profesi relawan pengajar yang tak mudah. Ada tanggung jawab besar yang melekat bersama profesi tersebut.

Seperti yang diutarakan Robiatul Adamiyah usai melihat video tentang tugas seorang perawat di ruang operasi.

Robi mengaku mulai paham dengan cara perawat mengobati pasien, membantu pasien, serta usaha perawat yang dilakukan bersama dokter untuk menyelamatkan pasien yang mau meninggal.

“Jadi perawat ternyata susah ya. Harus berhadapan dengan darah juga. Kalau aku pasti sudah nggak kuat,” tuturnya lalu meringis.

Selain polisi dan perawat, relawan pengajar yang memberikan pengarahan kepada para siswa datang dari psikolog klinis, pelatih yoga, make up artist, wirausaha, penyuluh narkoba, arsitek, digital marketing, dan sebagainya.

Tanggapan positif atas terselenggaranya KIY yang sangat menginspirasi siswa tersebut, diutarakan Kepala SDN Sosrowijayan, Chatrina Siti Nur Hayati.

Wanita yang akrab disapa Chatrin tersebut mengaku sangat mendukung program KIY. Hal tersebut karena menurutnya, kedatangan tim KIY mampu menstimulus anak-anak untuk giat belajar.

“Selama ini anak-anak ketika ditanya cita-cita hanya menyebutkan profesinya, namun kali ini mereka bisa bertemu dengan relawan pengajar dengan profesi yang berbeda. Penjelasan serta cerita yang menginspirasi dari relawan, memacu anak-anak untuk semangat belajar dan meraih cita-citanya,” tandasnya lantas tersenyum.

Tahun 2016 ini merupakan tahun keempat penyelenggaraan KIY yang melibatkan 411 relawan.

Mereka terdiri dari 247 relawan pengajar, 74 relawan dokumentator, serta 90 orang relawan penyelenggara yang disebar ke 24 Sekolah Dasar di 5 kabupaten/ kota Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sejumlah relawan tersebut telah terseleksi dari lebih kurang 1.000 orang pendaftar relawan penyelenggara, relawan pengajar, maupun relawan dokumentator.

“Harapannya dari penyelenggaraan KIY tahun ini adalah semakin banyak instansi yang akan ikut berkontribusi terhadap kegiatan volunteer, serta relawan yang akan terus bergerak secara berkala pasca Hari Inspirasi, menerapkan salah satu prinsip KI yaitu bersilaturahmi dengan pihak sekolah,” ujar Koordinator KIY 2016, Karina Bunga Hati. (tribunjogja.com)

 

Sumber: http://jogja.tribunnews.com/2016/02/07/belajar-beragam-profesi-di-kelas-inspirasi-yogyakarta 

KI Yogya
About KI Yogya

No Comments

Leave a Comment

Belajar Beragam Profesi di Kelas Inspirasi Yogyakarta