KI YogyaKI Yogya
  • 0

by Publikasi KIY

kiy wr

Siapa yang tak kenal Gianluigi Buffon, salah satu kiper terbaik di dunia dengan begitu banyak gelar juara baik di level klub maupun negara. Di usianya yang sudah 39 tahun, Buffon tetap dipercaya sebagai penjaga gawang Juventus maupun timnas Italia, bahkan dia dipercaya sebagai kapten. Usia seolah tak menghalanginya untuk tetap berprestasi dan bermain dengan performa layaknya pemain muda, sungguh sosok pemain yang sangat menginspirasi.

Bicara tentang inspirasi, 3 bulan yang lalu saya mendapat kesempatan yang tak terlupakan yaitu menjadi relawan dokumentator Kelas Inspirasi (KI), sebuah kegiatan sosial yang bertujuan mengenalkan bermacam profesi kepada anak-anak usia sekolah dasar. SD Negeri V Gedong, Ngadirojo, Wonogiri adalah lokasi untuk KI pertama saya, sengaja saya sebut pertama karena setelah mengikuti Kelas Inspirasi Wonogiri (KIW) tersebut timbulah keinginan untuk ikut KI selanjutnya di kota lain.

Di KIW inilah saya bertemu dengan sosok Buffon dalam dunia pendidikan, seorang inspirator dari kota Yogyakarta yang berprofesi sebagai reporter stasiun televisi swasta. Layaknya sang kiper legendaris yang menjadi panutan rekan-rekannya di dalam dan luar lapangan, Bapak tiga orang anak ini juga menjadi kapten untuk para relawan Kelas Inspirasi yang saya ikuti. Senyum cerianya yang khas dan sikapnya yang ramah mampu merangkul kami yang tak saling mengenal untuk dapat akrab dengan cepat.

Anang Rahardiansyah demikian nama lengkapnya, di usia yang hampir kepala empat dia masih tetap aktif berbagi ilmu dan pengalaman lewat Kelas Inspirasi. Seperti Buffon yang menjadi panutan untuk banyak kiper muda lewat penampilannya di atas lapangan, Om Anang -panggilan akrabnya- dengan semangatnya mampu memberi suntikan energi untuk para relawan yang umumnya masih mahasiswa. Kegigihannya terlibat dalam Kelas Inspirasi walau sudah tak muda lagi ternyata menjadi motivasi generasi muda di bawahnya untuk ikut dalam kegiatan serupa, termasuk saya salah satunya.

Dan secara kebetulan, Kelas Inspirasi Yogyakarta (KIY), di mana Om Anang terlibat sebagai salah satu panitia lokalnya, adalah Kelas Inspirasi kedua yang saya ikuti. Mendapat informasi darinya tentang KIY yang membuka pendaftaran relawan, saya kemudian mendaftar online sebagai dokumentator foto.

Mengamati kegiatan para panitia local KIY di Instagram semakin menambah kekaguman saya pada om Anang. Bagaimana tidak, di tengah segala kesibukannya sebagai ayah (salah satu anaknya masih berusia setahun kurang) dan reporter berita, dia masih mau terjun langsung menjadi pengurus, membantu segala persiapan demi kelancaran Kelas Inspirasi Yogyakarta yang ke 5 ini.

Apabila Gianluigi Buffon dengan penyelamatan-penyelamatan gemilangnya mampu memberikan rasa aman bagi lini pertahanan tim yang dibelanya, Anang Rahardiansyah dengan segala pengalaman dan keramahannya mampu memberikan rasa tenang bagi rekan-rekan muda di sekelilingnya. Bukan menempatkan diri sebagai senior, lebih dari itu dia mampu menjadi mentor sekaligus sahabat.

Tak sabar rasanya untuk segera datang ke Jogja dan menunggu hari inspirasi di Sabtu nanti, juga kesempatan untuk bertemu lagi dengan Om Anang dan berbagi keceriaan bersama adik-adik di SD Negeri Pringtali tempat saya kebagian jatah mengabadikan kegiatan Kelas Inspirasi Yogyakarta. Sebuah kesempatan langka, moment berharga untuk berinteraksi dan belajar dari dan untuk anak-anak.

Akhir kata, Buffon dengan segala prestasinya akan tetap dikenang sebagai legenda Italia dan sepakbola, Kelas Inspirasi dengan semangat berbaginya juga akan diingat anak-anak negeri ini, kini dan nanti.

Mari terinspirasi untuk menginspirasi!

 

Bagus AS

0857 2525 3232 | @_mustbe

PublikasiKIY
About PublikasiKIY

No Comments

Leave a Comment