Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Polisi itu keren. Kalimat itu yang terucap dari Viko Darmawan, siswa kelas VI SDN Sosrowijayan, usai mengikuti Kelas Inspirasi Yogyakarta (KIY), Sabtu (6/2/2016).

Sudah lama ia berkeinginan menjadi seorang polisi, dan baru kali ini ia bisa bertemu dan berdialog langsung dengan relawan pengajar KIY, di mana satu di antaranya memiliki profesi sebagai polisi.

“Kami dikasih tahu tentang pentingnya berlalu lintas, termasuk cara menyebrang di jalan raya harus lihat sekitar dulu dan memastikan aman, lalu boleh jalan,” ungkapnya kepada Tribun Jogja.

Aiptu Jamar, relawan pengajar KIY yang datang dari Sat Binmas Polresta Yogyakarta mengaku sangat senang bisa terlibat dalam kegiatan tersebut.

Menurutnya, selain memberikan pendidikan berlalu-lintas kepada anak sejak dini, KIY dinilai efektif untuk mengajak mereka meraih cita-citanya.

“Bukan hanya bercita-cita, tapi dengan datangnya relawan pengajar dari beragam profesi, membuat mereka juga tahu jalannya seperti apa agar bisa meraih cita-cita tersebut,” beber Jamar.

Misalkan saja untuk menjadi seorang polisi, imbuhnya, maka anak harus sehat, displin, pintar, gagah.

“Jadi mereka sudah bisa mengerti sejak dini. Sehingga itu modal yang bagus untuk tidak gampang terprovokasi, tidak gampang terkena narkoba, dan sebagainya,” ucap Jamar.

Sementara itu, Kepala SDN Sosrowijayan, Chatrina Siti Nur Hayati menuturkan jika KIY sangat bagus untuk anak-anak karena membuat mereka giat belajar.

“Selama ini anak-anak ketika ditanya cita-cita hanya menyebutkan profesinya, namun kali ini mereka bisa bertemu dengan relawan pengajar dengan profesi yang berbeda. Penjelasan serta cerita yang menginspirasi dari relawan, akan memacu anak-anak untuk semangat belajar dan meraih cita-citanya,” tandasnya lantas tersenyum. (tribunjogja.com)

Sumber: http://jogja.tribunnews.com/2016/02/07/kelas-inspirasi-yogyakarta-tumbuhkan-semangat-belajar-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *