KI YogyaKI Yogya
  • 2

by KI Yogya

 

Setelah lama tak bersua, membersihkan debu-debu yang ada dan mencari sarang laba-laba (yang kebetulan tak ada). Akhirnya admin kembali bersua dan bercengkrama dengan para penginspirasi negeri (keprok-keprok).

Piye kabare (bagaimana kabarnya)? Kabar baik semoga bagi Anda dan saya. Masih ingat ‘Negeri Serba Ada’? Sudah lama ya? Atau malah terasa “Ah, baru kemarin rasanya.”. Tanpa sadar, Anda saya paksa untuk mengingat dan mengenang masa dimana Anda menjadi bagian di ‘Negeri Serba Ada’. Untung saja bukan saya ajak untuk mengingat dan mengenang mantan ya? Jadi saya ucapkan selamat, hidup Anda terselamatkan dari keluputan (hehe). Bukan bermaksud membedakan antara relawan dan yang bukan relawan lho ya.., Anda adalah ‘Inspirator’ dimanapun Anda berada.

Jadi gini mbak, mas. Kelas Inspirasi Yogyakarta itu merupakan ‘gerbang’, ‘jembatan’, ‘penghubung’, dsb. Maksudnya seperti ini, setelah Hari Inspirasi yang dilaksanakan satu hari tok, hari-hari selanjutnya ada di tangan Anda. Yang jelas ikuti kata hati Anda. Jangan hanya karena eksistensi, lagi hits, biar keren, dll Anda masuk dalam kerumunan positif ini. SD/MI yang pernah Anda kunjungi dan Anda mengajar disana mengharapkan Anda untuk datang kembali. Itulah mengapa Kelas Inspirasi mempunyai 7 Sikap Dasar yang salah satunya adalah “Siap Bersilaturahmi”.

Screenshot_2016-04-17-23-33-20_com.instagram.android_1460910932663

Berbagi Buku untuk Balerante

Tak hanya menjadi angan dan wacana belaka, beberapa bulan yang lalu para relawan Kelas Inspirasi Yogyakarta memberikan bukti nyata kembali ke sekolah.

Relawan dari SD Muhammadiyah Balerante mengadakan project ‘BERBAGI BUKU UNTUK balerante’. Kegiatan ini sepenuhnya digagas oleh para relawan-relawan SD Muhammadiyah Balerante. Bagaikan gayung bersambut, gagasan tersebut diterima dengan baik oleh pihak sekolah SD Muhammadiyah Balerante. “Kami tidak hanya ingin anak-anak pintar secara akademis, tapi kami ingin memberikan pengajaran life skills juga untuk mereka.” ungkap Sutarjo, S.Pd., Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Balerante. Donasi-donasi tersebut direncanakan akan disalurkan di bulan April 2016 ini.

Screenshot_2016-04-17-23-33-58_com.instagram.android_1460911000720

Book Charity untuk Anak-anak SDN 02 Nglegi

 

 

 

Begitu pula yang dilakukan oleh para relawan dari SD Negeri 02 Nglegi, yang bertajuk ‘BOOK CHARITY UNTUK ANAK-ANAK SDN 02 NGLEGI’.

 

 

 

Ada lagi nih, gagasan dari para relawan SD Muh. Cepitsari, yang bertajuk ‘Cepitsari Membaca’.

Screenshot_2016-04-17-23-34-40_com.instagram.android_1460910958397

Cepitsari Membaca

Pengiriman buku paling lambat tanggal 26 April 2016, dan akan disalurkan pada tanggal 05 Mei 2016. Masih ada waktu bagi Anda yang berminat mendonasikan buku. Bacaan yang dapat Anda donasikan berupa:

  1. Majalah anak-anak (Bobo, NG Kids, dll)
  2. Buku fiksi dan nonfiksi umum anak-anak (dongeng sebelum tidur, seri tokoh dunia, ensiklopedia bergambar, dll)
  3. Buku-buku fiksi dan nonfiksi Islami anak-anak (Kecil-kecil punya karya, kisah para nabi, tata cara sholat, dll)
  4. Komik anak-anak (Doraemon, Kobochan, dll)

Contact Person dropbox buku (SMS?Whatsapp):

  1. Jakarta: Della (081 285 907 941)
  2. Bandung: Okke (088 820 105 17)
  3. Yogyakarta: Vendi (081 329 171 285)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Semua di atas murni perbuatan yang dilakukan oleh para relawan Kelas Inspirasi Yogyakarta 2016. Itulah harapan luaran dari Kelas Inspirasi Yogyakarta, dimana ada kelanjutan setelah para relawan melakukan kegiatan Hari Inspirasi.

Dalam waktu dekat ini, dan sudah berjalan, Kelas Inspirasi Yogyakarta melakukan kegiatan Screening Video. Yang mana kegiatan ini juga mengajak para relawan untuk kembali ke sekolah. Kegiatan ini menyajikan hasil karya para relawan dokumentator Kelas Inspirasi Yogyakarta yang dikemas dalam ‘Nonton Bareng’ atau lebih dikenal dengan istilah ‘Nobar’. Anda pasti kangen dengan keceriaan, kejailan dan bahkan kenalan siswa/i SD dimana Anda mengajar dulu bukan? Atau Anda ingin menyaksikan keseruan Hari Inspirasi di SD lain? Bahkan Anda ingin merasakan sensasi perjalan menuju sekolah ‘terpencil’? Ikutlah untuk ‘Nobar’ bersama Kelas Inspirasi Yogyakarta, dijamin seru dan ‘wolaiyo’ banget.

IMG-20160415-WA0016

Jadwal Nobar KIY 2016

IMG-20160416-WA0015

Keceriaan siswa saat Nobar-SDN Ndekso 1

IMG-20160416-WA0017

Interaksi antara siswa dengan relawan-SDN Ndekso 1

IMG-20160416-WA0018

Sosok sisi Ibu pada relawan-SDN Ndekso 1

IMG-20160416-WA0020

Persiapan pemutaran film-SDN Ndekso 1

 

Diatas adalah beberapa visualisasi keseruan dan ke’wolaiyoan’ prosesi screening video di SDN Ndekso 1, Kulon Progo. Mumpung masih ada jadwal screening video ni ya, jadi silakan ikut. Jangan salahkan saya jika luput nantinya (hehe).

Donasi buku sudah, screening video sudah, ada apalagi ya.. emmm. Semua tentang berkelanjutan Kelas Inspirasi Yogyakarta, tentunya pasca Hari Inspirasi. Sudah serba ada belum? Anda ingat postingan di sosial media Kelas Inspirasi Yogyakarta tentang ‘NGANU’? Penasaran..? Penasaran aja, apa penasaran pake banget? Kucek matanya dulu kalo capek baca.., sambil ngopi atau ngemil juga boleh lho (hehe).

Jadi gini mbak, mas. ‘NGANU’ yang dimaksudkan disitu adalah Pekan Inspirasi Yogyakarta. Apa itu Pekan Inspirasi Yogyakarta? Pekan Inspirasi Yogyakarta ini masih merupakan mata rantai kegiatan Kelas Inspirasi Yogyakarta mbak, mas. Diawal sudah disampaikan kalo tidak ada rumah laba-laba. Eh salah, maksudnya tidak hanya Technical Meeting, Hari Inspirasi dan Selebrasi, yaitu ada Pekan Inspirasi Yogyakarta. Inilah yang membuat Kelas Inspirasi Yogyakarta spesial (bukan spesial yang pake telur ya yang sering dibuatin Aa’ burjo). Pekan Inspirasi Yogyakarta menjadi bagian untuk menyampaikan dokumentasi sejak awal penyelenggaraan hingga Hari Inspirasi kepada masyarakat luas. Pada intinya, kegiatan ini adalah laporan pertanggung jawaban Kelas Inspirasi Yogyakarta kepada publik. Selain untuk pertanggung jawaban publik, kegiatan ini juga untuk ajang memperkenalkan diri Kelas Inspirasi Yogyakarta kepada masyarakat luas, dengan harapan mereka berminat untuk bergabung dalam kerumunan positif ini. Tak hanya itu. Masih ada lagi? Wolaiyo jelas..

Karena masih merupakan mata rantai kegiatan Kelas Inspirasi Yogyakarta, Pekan Inspirasi Yogyakarta kali ini mengusung tema yang mengemas ke serba adaan negeri ini. Yaitu, Warna Warni Mimpi Anak Negeri. Turun tangan langsung dari relawan pengajar mampu menumbuhkan keyakinan pada anak-anak untuk berani bermimpi akan cita-citanya. Beragam profesi yang diperkenalkan antara lain sebagai pengacara, penari, presenter, wartawan, dokter, polisi, dosen, sutradara, teller bank, pilot, perawat, dan masih banyak lagi lainnya. Warna-warni inilah yang diharapkan akan menghiasi mimpi anak-anak dan akan terus menjadi penyemangat dalam meraih cita-cita mereka, dan melalui dokumentasi ini pula diharapkan akan mampu memberikan dan menjaga semangat kepada para relawan untuk terus berbagi dan kembali ke sekolah.

Pekan Inspirasi Yogyakarta nantinya tak hanya sekedar ajang untuk memamerkan hasil karya para relawan dokumentator saja, tetapi ada kegiatan-kegiatan positif lainnya. Seperti contoh, talkshow & workshop, melukis untuk anak-anak, teater, dan masih banyak lagi ‘anu’-nya.

Lalu diadakan dimana Pekan Inspirasi Yogyakarta 2016? Untuk tahun ini Pekan Inspirasi Yogyakarta akan di laksanakan/ diadakan di salah satu pasar terkenal di Yogyakarta. Pasar?? Ya pasar. Bekerjasama dengan Plaza Ambarrukmo, maka Pekan Inspirasi Yogyakarta 2016 dapat dilaksanakan di salah satu pasar modern atau pusat perbelanjaan terkenal di Yogyakarta. Tak menutup kemungkinan untuk Anda dapat terlibat dalam kegiatan ini. Kami masih membuka diri untuk menerima sponsorsip maupun donasi dari Anda. Kami juga menyediakan dan menjual Official Merchandise Pekan Inspirasi Yogyakarta. Tunggu apalagi?? Uluran tangan Anda lebih berarti daripada jempol Anda.

IMG-20160417-WA0011

Pekan Inspirasi Yogyakarta 2016

 

IMG-20160413-WA0004

Official Merchandise Pekan Inspirasi Yogyakarta 2016

Jangan pantengin terus, tapi ikutin aja sosial media Kelas Inspirasi Yogyakarta untuk info-info lainnya dan terbaru:

  • Facebook: Kelas Inspirasi Yogyakarta
  • Twitter: @ki_yogya
  • Instagram: @ki_yogyakarta

Untuk info lebih lanjut bisa hubungi:

  • Karina: 081 808 725 565
  • Adit: 082 238 044 767
KI Yogya
About KI Yogya

2 Comments

  • Teddy
    10:20 AM - 18 April, 2016

    Pekan Inspirasi Yogyakarta, rangkaian acaranya keren, mantap, berkualitas.
    Semoga dilancarkan, dimudahkan dan sukses,.
    Team panitia, semangat ya,. In syaa Alloh berkah,. Amiin

    • KI Yogya
      1:36 AM - 19 April, 2016

      Halo Teddy,
      Terima kasih atas apresiasi dan dukungannya. Semoga harapan dan doa Anda serta kita sekalian dikabulkan, aamiin.
      Salam Inspirasi.

Leave a Comment