Memandang Kelas Inspirasi

Memandang Kelas Inspirasi

Memandang Kelas Inspirasi

Bagaimana kita melihat KI? Apakah KI adalah sebuah rangkaian, proses, atau hasil? Setidaknya jawaban kita tergantung dari sisi mana kita memandang.

KI mungkin telah ingar-bingar dan tersebar gaungnya di berbagai penjuru negeri. Pola telah terbentuk, simpul-simpul telah ditemukan. Garis kegiatan pun sudah mafhum dilakukan di beberapa regional. Di Jogja, sudah tiga kali KI diselenggarakan. Bahkan, KI sudah berkembangbiak melahirkan beberapa kegiatan-kegiatan turunan yang diprakarsai oleh orang-orang yang awalnya dipertemukan melalui KI.

Kemudian terpikirkan, apakah betul bahwa kita semua sudah siap untuk berpikir lebih luas dan berlari lebih jauh? Jika mindset KIY bukan lagi sebagai kepanitiaan (yang ketika acara selesai diselenggarakan panitianya dibubarkan), menjadi sebuah kepengurusan (yang memiliki program dan kegiatan secara terstruktur) berarti semangatnya bukan lagi sprint, melainkan marathon.

Aapa yang kita lihat saat memandang KIY ke depan? Akan ada apa saja turunan dari aktivitas KIY? Apakah berupa program kerja? Beragam kegiatan? Apa saja? Apakah perlu merumuskan tema besar secara periodik?

Kemudian, apakah KIY sesuai dengan ekspektasi kita?

Terakhir, KIY mau dijadikan seperti apa?

Komentar mengenai pertanyaan-pertanyaan di atas, maupun curhatan mengenai Kelas Inspirasi Yogyakarta telah terkompilasi dan dapat diunduh di sini.

 

 

KI Yogya