KI YogyaKI Yogya

pekan inspirasi yogyakarta

Pekan Inspirasi Yogyakarta adalah sebuah bentuk tanggung jawab publik dari Hari Inspirasi yang dilakukan oleh para relawan Kelas Inspirasi Yogyakarta. Hari Inspirasi terlaksana melalui proses, meminta izin melaksanakan kegiatan ke Sekolah dan Dinas terkait, serta melakukan publikasi media yang intensif. Oleh karena itu melalui Pekan Inspirasi Yogyakarta ini masyarakat dapat tahu lebih banyak sebenarnya bagaimana kegiatan Hari Inspirasi itu dilaksanakan. Masyarakat umum akan mendapatkan gambaran langsung mengenai keceriaan, kebahagiaan, harapan, dan cerita dari setiap elemen yang terlibat di dalam Hari Inspirasi. Pekan Inspirasi Yogyakarta adalah perpanjangan tangan dari tujuan Kelas Inspirasi yaitu sebagai salah satu cara untuk meningkatkan minat masyarakat Indonesia pada isu pendidikan. Melaui kegiatan ini kami ingin mengajak lebih banyak orang untuk bisa terlibat dalam memajukan pendidikan di Indonesia, secara khusus terlibat dalam Kelas Inspirasi Yogyakarta.

Bentuk dasar dari Pekan Inspirasi Yogyakarta adalah pameran fotografi dan videografi, hasil karya para relawan dokumentator yang sudah bekerja keras untuk menangkap momen-momen berharga di Hari Inspirasi. Pameran ini juga sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada para relawan dokumentator agar karyanya dapat disaksikan oleh khalayak umum. Foto-foto terbaik dari setiap SD yang dikunjungi pada Hari Inspirasi dipajang di pameran untuk kemudian bercerita melalui gambar-gambar tersebut, kisah-kisah dari setiap momen yang tertangkap oleh lensa kamera. Melalui video-video dari hasil karya para videografer dari setiap Sekolah Dasar, pengunjung pameran kemudian bisa menghidupkan kembali dalam benak mereka segala peristiwa dan suasana yang terjadi pada saat Hari Inspirasi. Semua momen yang terjadi di Hari Inspirasi diceritakan kembali melalui Pekan Inspirasi Yogyakarta. Pameran fotografi dan videografi ini pada umumnya berlangsung selama beberapa hari dan sifatnya gratis tidak dipungut biaya.

Kegiatan ini juga menjadi kesempatan bagi para relawan untuk bisa melakukan follow up setelah mereka meng-insipirasi selama sehari. Membangun komunikasi kembali dengan sekolah untuk melaksanakan kegiatan bersama, atau mengundang pihak sekolah untuk menghadiri acara pameran. Bahkan tidak menutup kemungkinan, sekolah-sekolah tersebut ikut mengisi acara di acara Pekan Inspirasi ini. Dalam beberapa kesempatan sebelumnya, kami  mengundang SD-SD yang sudah pernah dikunjungi oleh Kelas Inspirasi untuk datang ke acara Pekan Inspirasi Yogyakarta, baik sebagai pengunjung atau sebagai pengisi acara. Tindak lanjut ini kami lakukan sebagai salah satu cara tindak lanjut terhadap sekolah-sekolah yang sudah di Inspirasi. Oleh karena itu, harapannya momentum yang terbentuk di Hari Inspirasi tidak hilang dan bisa terus dirajut untuk kegiatan-kegiatan positif berikutnya.

Selain mempertemukan kembali antara sekolah dengan relawan, acara ini juga menjadi sarana untuk mempertemukan kembali antar relawan yang belum bertemu lagi sejak Hari Inspirasi. Tidak dipungkiri para relawan memiliki kesibukan masing-masing, sehingga mereka jarang punya waktu untuk bisa berkumpul untuk menanyakan kabar satu sama lain atau berdiskusi mengenai rencana kedepan bagi mereka. Pekan Inspirasi Yogyakarta kemudian bisa menjadi acara yang memperkuat alasan bagi para relawan untuk bisa bertemu kembali, berbagi kabar, pengalaman, dan ide untuk kelanjutan pembangunan pendidikan. Oleh karena itu dalam Pekan Inspirasi Yogyakarta kami juga biasa mengadakan talkshow, workshop, atau seminar yang menghadirkan para relawan, untuk berbagi ide, pengalaman dan tentunya Inspirasi. Acara talkshow, workshop, atau seminar tersebut terbuka untuk umum sehingga tidak hanya ada sharing of skills and ideas antar relawan tapi juga dengan khalayak umum yang ingin memperluas pengetahuan serta keterampilannya.

Pekan Inspirasi Yogyakarta menjadi sebuah media untuk memberi dan mendapatkan Inspirasi. Ia merupakan wadah bagi beragam orang di Yogyakarta untuk berintraksi, berdiskusi dan, berkarya. Pameran foto dan video, seminar, talkshow, workshop, donasi buku, stand komunitas, dan masih banyak bentuk kegiatan lainnya, dapat membuat para pengunjung pulang dengan beragam ide dan cita-cita untuk bisa berkontribusi dan menginspirasi.

Harapannya dengan adanya acara Pekan Inspirasi Yogyakarta, virus kebaikan akan semakin menular ke masyarakat luas, bahwa mereka bisa berkontribusi dalam bentuk apapun untuk membangun Indonesia melalui Pendidikan.