KI YogyaKI Yogya
  • 0

by KI Yogya

HARI INSPIRASI KELAS INSPIRASI YOGYAKARTA 2017

HI

 

 

Untuk kelima kalinya Kelas Inspirasi Yogyakarta sukses digelar di berbagai sekolah dasar (SD) di DIY. Sekolah yang menjadi zona inspirasi atau sekolah yang dikunjungi terbagi menjadi lima zona yaitu zona utara, zona tengah, zona selatan, zona timur dan zona barat. Pada tahun 2017 ini, Kelas Inspirasi Yogyakarta mengadakan Hari Inspirasi (HI) pada tanggal 4/2/17 . HI adalah kegiatan turun tangan para relawan ke SD, disana para relawan membagikan inspirasi lewat profesi kepada siswa/i SD. Relawan yang terjun ke sekolah-sekolah saat Hari Inspirasi adalah relawan pengajar, dokumentator dan fasilitator. Relawan pengajar adalah orang yang memiliki profesi minimal dua tahun di bidangnya. Dokumentator terdiri dari mahasiswa atau umum yang bertugas untuk mendokumentasikan kegiatan HI. Sedangkan fasilitator adalah orang-orang yang bertugas menjembatani komunikasi antara relawan pengajar dan dokumentator kepada pihak sekolah dan panitia lokal.

Tahun ini, KIY #5 2017 mengangkat tema “Bermimpi Tanpa Batas”  dengan sasaran sekolah yang dituju adalah SD yang berada di perbatasan wilayah DIY. Melalui tema ini, KIY ingin mengajak relawan yang terdiri dari 253 pengajar, 174 dokumentator dan publik untuk blusukan melihat bagaimana kondisi sekolah dan cita-cita anak-anak SD di perbatasan wilayah DIY.

Dapat diketahui dari hasil survey para relawan sebelum HI dan saat HI  bahwa pendidikan di Yogyakarta masih belum merata. Contoh SDN Dadapsari. SDN ini terakhir direnovasi pada tahun 2012. Fasilitasnya kurang lengkap karena tidak memiliki perpustakaan, UKS maupun kantin. SDN Dadapsari yang berada di perbatasan Sleman-Klaten atau tepatnya berada di Gayamharjo, Prambanan, Sleman ini adalah salah satu SD yang kurang mendapat perhatian pemerintah. Sulitnya akses perjalanan yang mengharuskan naik-turun bukit dan hanya bisa di akses oleh kendaraan bermotor atau jalan kaki menjadi penyebab utama kurangnya motivasi siswa/i SDN Dadapsari untuk berangkat ke sekolah. Tak jarang guru dibuat kewalahan dan harus turun tangan menjemput beberapa anak ke rumahnya supaya datang ke sekolah.

Kedatangan relawan KIY #5 2017 ke SDN Dadapsari diharapkan bisa membangkitkan semangat 53 orang siswa/i di sekolah ini untuk tetap bersekolah. Selain ingin meningkatkan semangat bersekolah kedatangan relawan diharapkan bisa menambah wawasan cita-cita siswa/i SDN Dadapsari yang masih terbatas dengan apa yang dilihat di lingkungan sekitar. Banyaknya wawasan cita-cita membuka kesempatan agar siswa-siswi bisa bermimpi tanpa batasan meskipun mereka tinggal di perbatasan.

Di sisi lain ternyata tidak hanya siswa/i saja yang terinspirasi namun para relawan, panitia lokal dan gurupun terinspirasi. Harapan diselenggarakan KIY ini agar komunikasi antar semua pihak tidak hanya berlangsung saat HI saja tetapi meluas di hari berikutnya. Pihak panitia lokal tetap mengupayakan agar komunikasi itu tetap terjalin. Salah satunya cara untuk mengupayakan terjalinnya kembali komunikasi antar sekolah adalah dengan mengadakan KIY Seleberasi. Acara ini akan berlangsung 5/2/17 di Graha Pandawa Balaikota Yogyakarta pukul 08.00-12.00 WIB. KIY Selebrasi merupakan kegiatan saling merefleksi, mengevaluasi dan mengapresiasi antara relawan, panitia lokal, wakil pihak sekolah dan dinas pendidikan di lima Kabupaten/Kota setelah HI dilaksanakan secara serentak di 25 SD.

 

Web : www.kelasinspirasiyogyakarta.org
E-mail : [email protected]
Facebook : Kelas Inspirasi Yogyakarta
Twitter : @KI_Yogya
Instagram : @KI_Yogyakarta : Fatimah N. : +62 812-9433-5977
Contact Person : Koordinator Umum KIY 2017
Koordinator Divisi Acara : Gracea E.   :+62 858-3025-2204
Publikasi : Anggita : +62 856-2892-417
KI Yogya
About KI Yogya

No Comments

Leave a Comment