KI YogyaKI Yogya

by KI Yogya

1

Technical Meeting KIY#5

Persiapan ini dimulai sejak Oktober 2016, meski ini adalah komunitas relawan, tapi semuanya dikerjakan secara profesional. Dimulai dari perekrutan relawan panitia KIY ke-5 blusukan survei SD di daerah perbatasan DIY, perekrutan relawan pengajar dan dokumentator, hingga Technical Meeting hari ini. Masih ada tiga agenda besar lagi untuk KIY 2017, yaitu Hari Inspirasi, Hari Refleksi dan Pekan Inspirasi Yogyakarta.

Technical meeting dimulai pukul 08.00, tapi panitia sudah bersiap di lokasi sejak pukul 06.00 WIB. Persiapan yang luar biasa, dimulai dari beberapa minggu sebelumnya. Mulai dari dekorasi ruangan, panitia, konsumsi, hingga penyambutan para tamu. Semua dikonsep sedemikian rupa untuk menyambut para relawan pengajar, dokumentator, pihak sekolah dan semua pihak yang terlibat agar menjadi berkesan.

Rangkaian acara technical meeting berjalan dengan lancar, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Jingle KIY, setelah itu Kelas Inspirasi Yogyakarta ke 5 resmi dibuka dengan ditandai pemukulan gong sebanyak lima kali oleh Dikpora Yogyakarta yang diwakili oleh Bapak Drs. Surti Raharyanto seksi TK/SD Dikpora DIY. Tidak hanya sambutan, rangkaian acara technical meeting juga berisi pengenalan tentang Indonesia Mengajar dan Kelas Inspirasi oleh Kak Asep Ismail, KIY 5 Tahun 2017 oleh Kak Fatimah Norpriardy dan Trik mengajar di dalam kelas oleh Kak Hilmi.

Selain itu, hal terpenting dari technical meeting ini adalah Forum Group Discussion (FGD) berdasarkan kelompok sekolahnya masing-masing. Sebanyak 253 relawan pengajar dan 106 relawan dokumentator dibagi menjadi 25 kelompok berdasarkan SD yang terpilih untuk pelaksanaan KIY 2017. FGD ini dijadikan wadah pertemuan pertama relawan pengajar, dokumentator, fasilitator dan pihak sekolah yang terlibat KIY 2017.

Kegiatan technical meeting hari ini ditutup dengan flashmob, doa dan foto bersama. Semoga Hari Inspirasi nanti mampu menembus batas sebagaimana mimpi tanpa batas yang menjadi tema KIY#5 2017.

 

Eka Hardiyanti

KI Yogya
About KI Yogya

No Comments

Leave a Comment